Selasa, 28 Maret 2017

RESUME 3

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA




SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas cakupannya.


Latar Belakang Historis.
Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada 3 perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan .


William James. tak lama setelah meluncurkan buku ajar psikologinya yang pertama. Pcinciple of psychology (1890). William james (1842-1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “talk to teacher”. Dalam kuliah ini dia mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif. Dia menegaskan pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas guna meningkatkan mutu pendidkan.

John Dewey, tokoh kedua yang berperan besar dalam psikologi pendidikan adalah john dewey(1859-1952). dia menjadi motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis, dewey membangun laboratorium psikologi pendidikan pertama kali di AS di Universitas chicago pada tahun 1894.kita banyak mendapatkan ide penting dari dewey. Pertama, dari dewey kita mendapatkan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active lerner). Kedua, dari dewey kita mendapat ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dewey percaya bahwa anak anak seharusnya tidak hanya mendapat pelajaran akademik saja, tetapi juga harus diajari cara untuk berfikir dan beradaptasi dengan dunia diluar sekolah.

E.L.Thondike, perintis ketiga adalah E.L.Thondike (1874-1949) yang memberi banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran serta perbaikan dasardasar belajar secara ilmiah . Thondik berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalahmenanamkan keahlian penalaran anak. Thondik sangat ahli dalam melakukan studi belajar dan mengajar secara ilmiah.

CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF.
Karena mengajar adalah hal yang kompleks dan karna murid muid itu bervariasi maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal. Hal ini membutuhkan dua hal utama yaitu (!) pengetahuan dan keahlian profesional dan (2) komitmen dan motivasi.

Pengetahuan Dan Keahlian Profesional.
Guru yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar yang baik. Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan manajemen kelas.mereka tau bagaimana memotivasi, berkomunikasi secara efektif dengan murid murid dari beragam latar belakang kultural.
·         Penguasaan materi pelajaran
·         Strategi pengajaran
·         Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan intruksional
·         Keahlian manajemen kelas
·         Keahlian motivasional
·         Keahlian kominikasi
·         Belajar secara efektif dengan murid dari latar belakang kultural yang berlainan.
·         Keahlian tekhnologi.

Komitmen Dan Motivasi
Menjadi guru yang efektif juga memerlukan komitmen dan motivasi. Aspek ini mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid.
Guru pemula sering kali melaporkan bahwa dibutuhkan investasi waktu dan usaha yang besar untuk menjadi guru yang efektif. komitmen dan motivasi dapat membantu guru yang efektif untuk melewati masa masa yang sulit dan melelahkan dalam mengajar. Guru yang efektif juga mempunyai kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka.

RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Pendekatan riset ilmiah
Riset ilmiah adalah riset objektif.,sistematis, dan dapat diuji. Riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada keyakinan, opini, dan perasaan personal. Riset ilmiah dilandaskan pada metode ilmiah, sebuah pendekatan yang dapat dipakai untuk menemukan informasi yang akurat.pendekatan ini terdiri dari beberapa langkah: merumuskan masalah, mengumpulkan data. Menarik kesimpulan, serta merevisi kesimpulan dan teori riset.

Perumusan masalah adalah mengidentifikasi masalah,menyusun teori, dan mengembangkan satu atau lebih hipotesis.setelah periset merumuskan masalah, mereka biasanya menyusun teori dan hipotesis. Teori adalah seperangkat ide yang saling berkaitan yng berfungsin untuk menjelaskan dan membuat prediksi. Dengan teori biasanya seorang peneliti dapat merumuskan hipotesis, yakni asumsi dan prediksi spesifik yang dapat diuji untuk mengetahui apakah teori itu benar atau tidak.langkah berikutnya adalah mengumpulkan informasi(data). Setelah data terkumpul ahli psikologi pendidikan menggunakan prosedur statistik untuk memahami arti dari data kuantitatif tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar